RENCANA MUTU PEMBELAJARAN
Nama Dosen :
Aris Rakhmadi, S.T., M.Eng.
Program Studi :
Teknik Informatika
Kode Mata Kuliah : TIF
115
Nama Mata Kuliah : Logika
Informatika
Jumlah SKS :
3 SKS
Kelas/Semester : 1
(Satu)
Pertemuan :
Kesembilan
Alokasi Waktu : 150 Menit
I.
Standar Kompetensi
Setelah mengikuti
perkuliahan ini pada akhir semester, mahasiswa dapat memahami, menguasai dan
mengembangkan kemampuan penalaran tentang argumen-argumen berdasarkan hukum
logika yang berlaku.
|
II.
Kompetensi Dasar:
Memahami dan
memiliki wawasan tentang metode tablo semantik sebagai alat validitas argumen.
|
III.
Indikator:
Setelah mengikuti
perkuliahan, mahasiswa diharapkan dapat:
-
Memahami
dan menguasai aturan dan pembuatan tablo semantik untuk pembuktian validitas
-
Memahami
bahwa aturan tablo semantik sebenarnya identik dengan hukum logika.
|
IV.
Materi Ajar:
Tablo semantik
-
Pendahuluan
-
Tablo
semantik
-
Aturan
tablo semantik
-
Tablo
semantik himpunan ekspresi logika
-
Pembenaran
aturan tablo semantik
-
Tablo
semantik pada argumen
-
Latihan
soal
|
V.
Metode/Strategi Pembelajaran:
Ceramah, Praktek,
Demo, Simulasi, Exercises & Answers.
|
VI.
Tahap Pembelajaran:
A. Kegiatan Awal :
-
Dosen
menyajikan tujuan pembelajaran, dan instruksi belajar.
B. Kegiatan Inti :
-
Menjelaskan
aturan dan pembuatan tablo semantk untuk pembuktian konsistensi dan validitas
argumen dengan mengaplikasikan strategi pembalikan berdasarkan aturan
pembuatan tablo semantik
-
Memahamkan
bahwa aturan tablo semantik sebenarnya identik dengan hukum logika
-
Memahamkan
strategi pembalikan dengan menegasi kesimpulan untuk membuktikan validitas
argumen dengan tablo semantik.
C. Kegiatan Akhir :
-
Memberi
kesempatan mahasiswa untuk bertanya dan berkomentar
-
Menjawab
pertanyaan
-
Memberi
tugas
|
VII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar:
A. Alat/Media :
OHP, Projector In
Focus, Laptop.
B. Bahan/Sumber Belajar :
-
Logika
Matematika untuk Ilmu Komputer, Soesianto, 2006, Andi Offset
|
VIII.
Penilaian:
A. Teknik dan instrumen penilaian :
1. Hasil Praktek (dinilai dosen)
2. Keaktifan dan sumbangan dalam hasil
simulasi dan demo (dinilai)
3. Kasus-kasus diambil dari pokok
pembelajaran.
B. Kriteria Penilaian :
3NP + NA +
2NL
----------------------- = NF
5
Keterangan
NP = Nilai Praktek
NA = Nilai Keaktifan
NL = Nilai Laporan
NF = Nilai Formatif
|
No comments:
Post a Comment